Questions? Feedback? powered by Olark live chat software
Headlines News :
Home » , , » Ya Ampun...: Pendidikan Masih Dijadikan Alat Penindasan

Ya Ampun...: Pendidikan Masih Dijadikan Alat Penindasan

Written By Ahmad Fadli on Sunday, December 16, 2012 | 5:09 PM

Pendidikan adalah hak segala bangsa, oleh karena nya harus diberikan kepada rakyat untuk meningkatkan harkat dan martabatnya dalam mewujudkan kesejahteraan. Namun dalam penerapannya pendidikan di negeri ini masih menyisakan kabut gelap bagi rakyatnya.
Demikian disampaikan Sekertaris Jenderal Pimpinan  Pusat Front Mahasiswa Nasional (FMN), L. Muh. Hasan Harry Sandy Ame saat menghadiri diskusi tongkrongan yang diadakan ANGKRINGANWARTA di Cafelosophy, Jum’at (16/11).
Sandy memaparkan bagaimana pendidikan di Indonesia menjadi sebuah media untuk mencerdaskan kehidupan rakyat dan bangsa, sekaligus sebagai suatu instrumen yang melahirkan tenaga-tenaga intelektual atau praktisi dan menjadi penopang bagi perkembangan hidup masyarakat.
“Pada kenyataannya pendidikan di Indonesia tidak seperti itu, pendidikan hanya dijadikan alat legitimasi penindasan bagi penguasa,” tegas Sandy.
Selain itu, tambah Sandy, minimnya kesempatan menikmati pendidikan bagi seluruh rakyat, mahalnya biaya pendidikan, rendahnya mutu pendidikan, tidak meratanya pembangunan sarana pendidikan, dis-orientasi sistem kurikulum, dan tingkat kesejahteraan tenaga pendidik yang rendah menjadi fakta sehari-hari.
“Ada tiga poin jalan keluar atas persoalan pendidikan di Indonesia ini yaitu pendidikan nasional yang ilmiah, demokratis dan mengabdi pada rakyat sebagai antitesa sistem pendidikan nasional hari ini,” kata Sandy
Sandy menjelaskan, Pendidikan nasional yang ilmiah diharapkan menjadi motor penggerak perubahan menuju masyarakat Indonesia yang ilmiah, rasional, dan kritis. Pendidikan demokratis artinya nilai-nilai demokrasi dalam metode dan penyelenggaraan pendidikan. Nilai–nilai demokrasi yang bersandarkan pada prinsip kesetaraan, partisipatif, kepentingan mayoritas, dan keadilan.
“Sedangkan pendidikan yang mengabdi kepada masyarakat maksudnya pendidikan yang memiliki tujuan untuk memajukan kebudayaan dan taraf berfikir rakyat. Serta mempunyai suatu pertanggungjawaban terhadap kehidupan rakyatnya,” paparnya.
 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : ilunibio-unp | ilunibio-unp | Iluni Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. ILUNI BIOLOGI UNP - All Rights Reserved
Template Design by Iluni Bio UNP Published by ilunibio-unp