Questions? Feedback? powered by Olark live chat software
Headlines News :
Home » , , , » Lulusan S1 dan S2 Di China Rebutan Jadi Petugas Kebersihan

Lulusan S1 dan S2 Di China Rebutan Jadi Petugas Kebersihan

Written By Iluni Biologi UNP on Friday, November 2, 2012 | 8:27 PM

Okezone-- Lowongan kerja sebagai petugas kebersihan dan supir pada lembaga pemerintahan yang berafiliasi dengan lembaga di Timur Laut Kota China ternyata mampu menarik lebih dari 7.000 pelamar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 29 orang bergelar master.

Biro Distrik Administrasi Perkotaan dan Penegakan Hukum di Harbin, ibu kota provinsi Heilongjiang berencana merekrut 457 pekerja yang terdiri atas 120 petugas kebersihan, 307 pengemudi, dan 30 mekanik. Biro Sumber Daya Manusia dan Keamanan Sosial Kota mengumumkan, proyek perekrutan yang dibuka kepada publik pada September lalu telah menerima 11.500 aplikasi. Sebanyak 7.200 aplikasi tersebut memenuhi syarat untuk posisi yang ditawarkan.

Mereka yang mendapatkan pekerjaan tersebut akan menikmati keuntungan jaminan sosial yang setara dengan pekerja pemerintah daerah. Di China, gaji PNS dan beberapa pekerja pada pemerintah dan organisasi afiliasi tidak dipotong untuk membayar rekening keamanan sosial mereka. Pemerintah akan menanggungnya melalui biaya pensiun yang akan diberikan ketika mereka pensiun.

Pihak tenaga kerja lokal yang berwenang mengungkapkan, orang-orang dari luar Harbin akan diberikan hukou lokal, yakni izin tinggal tetap. Hukou berupa hak untuk mengakses berbagai fasilitas umum lokal seperti pendidikan, perumahan bersubsidi, pekerjaan, dan jaminan sosial. Para pelamar yang mengajukan diri harus berusia di bawah 30 dan telah menyelesaikan kuliah.

Meskipun tampak tidak terlalu menarik, pekerjaan ini dicari oleh banyak orang. Di antara mereka yang melamar untuk pekerjaan ini dan dianggap memenuhi syarat untuk posisi tersebut, hampir 3.000 orang bergelar sarjana dan 29 orang bergelar master. Ketika dinyatakan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, para pelamar harus mengikuti ujian dan wawancara.

Salah seorang karyawan swasta di Harbin Liu Yu (29) mengungkapkan, dia segera melamar sebagai pertugas kebersihan ketika mendengar adanya perekrutan. Padahal Liu merupakan lulusan Ilmu Komputer di Jilin University dan lulus pada 2007.

"Jika saya bisa lulus ujian, saya akan menjadi anggota staf dari lembaga pemerintah yang berafiliasi. Pekerjaan ini jauh lebih stabil daripada apa yang saya lakukan sekarang. Mungkin dalam beberapa tahun pertama pekerjaan ini akan sedikit sulit dan memiliki banyak tantangan, tapi saya akan berusaha untuk kesempatan untuk mempromosikan diri saya sendiri," ujar Liu, seperti dilansir dari China Daily, Jumat (26/10/2012).

Fenomena ini ternyata tidak mengejutkan bagi Ahli Sosiologi dari Akademi Ilmu Sosial di  Provinsi Heilongjiang, Meng Lequn. Menurut Lequn, tidaklah mengherankan begitu banyak orang berpendidikan tinggi bersaing untuk posisi sebagai petugas kebersihan.

"Hal ini menunjukkan, tekanan kerja telah membuat banyak anak muda menyadari mereka harus merebut setiap kesempatan kerja yang mungkin," kata Lequn
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : ilunibio-unp | ilunibio-unp | Iluni Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. ILUNI BIOLOGI UNP - All Rights Reserved
Template Design by Iluni Bio UNP Published by ilunibio-unp